ILMU & KEUTAMAAN ILMU

Aku pernah membaca buku "MINHAJUL QASHIDIN" dari Ibnu Qudamah tentang ilmu dan keutamaan ilmu. Aku meringkasnya dan aku rasa ini adalah posting yang insyaAllah bermanfaat untuk pembaca,,,ciee... udah kaya penulis beneran aja..

Ada beberapa firman Allah dalam Al-Qur-an yang kucatat, sebagai berikut :

Firman Allah :

Az-Zumar : 9

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاء اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ
Artinya: (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebihberuntung) ataukah orang yang beribadah diwaktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang iatakut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmatTuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yangmengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?"Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapatmenerima pelajaran.


Al-Mujadilah ; 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, apabiladikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalammajelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akanmemberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan:"Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akanmeninggikan orang-orang yang beriman di antaramu danorang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapaderajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamukerjakan.


Fathir : 28


وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاء إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

Artinya : Dan demikian (pula) di antara manusia,binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya).Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun.


Dalam Hadist Nbi SAW. juga disebutkan dari Ibnu Abbas R.A : “Orang-orang yang berilmu mempunyai derajat sebanyak 700 kali derajat di atas orang mukmin. Jarak di antara kedua derajat ini terbentang sejauh perjalanan selama 500 tahun.”

Di dalam Ash-Shahihain disebutkan dari hadits Mu’awiyah bin Abu Sufyan, dia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa yang Allah menghendaki suatu kebaikan pada dirinya, maka Dia memberinya pengetahuan dalam masalah agamanya.”


Komentar