Yang mana yang benar ?

Jika memang engkau sudah berketetapan hati untuk melakukan uzlah (mangasingkan diri), karena hendak kebenaran yang paling benardi dalam jiwa, lalu mengamalkannya dalam kehidupan nyata, maka jadikanlah ilmu sebagai pemimpinmu dan seledikilah sekali lagi bagian-bagian terkecil dari hawa nafsumu,agar engkau bisa selamat.
Di samping itu, waspadalah jalan salah satu dari 2 orang berikut :
  1. Ulama yang mengetahui perbedaan-perbedaan pendapat dalam masalah fiqih, namun dia bersikukuh dengan kemapanan kedudukannya sebagai ulama, atau dia menerima qadha' dari ALLAH, namun dia tetap mempertahankan kedudukannya, atau dia sudah mendapat peringatan, tapi tetap menutup mata.
  2. Orang zuhud membolak-balik pendapatnya yang rusak karena memang dia bodoh, yang bertaqarrub dengan membolak-balikan telapak tangannyadan mengandalkan barokah, yang berbuat menurut bisikan hawa nafsu tanpa berdasarkan kepada syari/at Allah dan sunnah Rasuk-Nya.
inilah 2 jenis manusia yang menyimpang dari jalan kebenaran, yang merasa puas dengan amal-amal gemerlap di luar tapi kosong melompong isinya, yang bisa mengecoh para pemula dengan fatamorgananya.

Komentar

Posting Komentar